PENEGAKAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PELAKSANAAN SHALAT JUMAT DITENGAH PANDEMI COVID 19 KAB TANAH LAUT

Ada hal yang tidak biasa dilakukan di hari ini, saat dilaksanakan ibadah shalat Jumat di Masjid Al Manar Pelaihari, dimana Shalat Jumat kali ini dilaksanakan juga Penegakan Disiplin Pelaksanaan Protokol Kesehatan khususnya di tempat ibadah oleh Kodim 1009/Plh sebagai Subsatgas Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Wilayah Tanah Laut, bersama Gugus Tugas P2 Covid Tanah Laut yang meliputi Polres Tala, PMI, Pol PP, Dishub dan jajaran instansi Pemkab Tanah Laut lainnya.

Bertepatan dengan hari Jumat dimana warga Pelaihari sudah mulai melaksanakan ibadah sholat Jumat berjamaah, maka sesuai Surat Edaran Menag No 15 tahun 2020, ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan oleh pengurus tempat ibadah dan masyarakat yang akan beribadah di tengah Pandemi Covid 19 seperti pengelola tempat ibadah diharuskan menyiapkan sarana cuci tangan, membatasi jemaah, menjaga jarak saat ibadah, menyiapkan thermogun dan beberapa syarat lainnya.

Sedangkan untuk jemaah sendiri beberapa hal diwajibkan antara lain : jamaah harus dalam kondisi sehat, membawa alas ibadah/sajadah masing-masing, menggunakan masker selama ibadah dan pastinya menjaga jarak dan tidak bersalaman selama kegiatan ibadah.

Kodim 1009/Plh selaku bagian Gugus Tugas Covid 19 memiliki kewajiban untuk membantu dan meyakinkan bahwa baik pengurus rumah ibadah dan jemaah melaksanakan semua prosedur kesehatan tersebut dengan disiplin dan kesadaran yang tinggi, sehingga upaya menekan penyebaran covid 19 khususnya di tempat ibadah dapat maksimal. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi budaya dan kebiasaan sampai wabah ini berakhir.

Semoga kerinduan masyarakat untuk bisa beribadah bersama di rumah ibadah dapat terpenuhi dengan tetap melaksanakan prosedur kesehatan yang telah ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *