PASI INTEL KODIM 1009/PELAIHARI BEKALI PANCASILA KEPADA NAPI LAPAS

Pada hari Kamis 12 Desember 2019 pukul 08.30 Wita bertempat di Aula Rutan Pelaihari Jln. A. Syaerani Kel. Sarang Halang Kec. Pelaihari Kab. Tanah Laut, Telah dilaksanakan kegiatan Pembekalan materi tentang Peningkatan Nilai-nilai Pancasila kepada para Tahanan dan Narapidana oleh Pasi Intel Kapten Inf Supriyanto yang juga didampingi oleh Ka Lapas Pelaihari yang diwakili oleh Bpk. Agus beserta staf serta diikuti oleh 100 orang

Pancasila adalah dasar dari negara Indonesia, tetapi apakah anda benar-benar tahu apa pengertian dari Pancasila itu sendiri. Pancasila adalah suatu ideologi dan dasar dari negara kita, Pancasila yang menjadi landasan sumbar dari segala sumber hukum dan dari segala keputusan yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia. Juga merupakan cermin kepribadian dari bangsa Indonesia itu sendiri.

Arti kata Panca adalah Lima, dan arti kata Sila artinya adalah Dasar, Sehingga pengertian kata Pancasila secara Farfiah adalah Lima Dasar, yang kemudian dibuatlah Lambang dari masing-masing butiran kalimat dengan mengikuti sesuai makna dari 5 butir isi.

Berikut ini adalah Kalimat isi dari Pancasila, diantaranya sebagai berikut :

1) Ketuhanan Yang Maha Esa

2) Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

3) Persatuan Indonesia

4) Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan

5) Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dari masing-masing Sila Juga dibeikan Lambang diantaranya :

Sila Pertama Berlambangkan Bintang

Sila Ke Dua Berlambang Rantai

Sila Ke Tiga Berlambang Pohon Beringin

Sila Ke Empat Berlambang Kepala Banteng

Sila Ke Lima Berlambangkan Padi dan Kapas

Semua para Tahanan dan Narapidana harus bisa mengamalkan semua Sila dari pancasila dilingkungan kehidupan sehari-hari supaya tidak terjerumus kegiatan negatif yang mengakibatkan akan merugikan diri sendiri apalagi melawan hukum.

Kesalahan yang terjadi pada Narapidana jangan sampai terulang kembali dan bercerminlah pada pengalaman yang baik dan buruk.

Kegiatan Pembekalan berjalan lancar hingga usai pada pukul 10.45 Wita dalam keadaan aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *