MAU NGOPI LANGSUNG DARI PETANINYA? KE PEMALONGAN TANAH LAUT SAJA.

Pamalongan – Komandan Kodim 1009/Plh Letkol Adi Yoga Susetyo SH., MA, didampingi Danramil 1009-02/Pelaihari Kapten Inf M. Sumaryanto beserta Babinsa Sertu Dardiansyah dan Sertu Tri Budi, menyambangi petani kopi Liberica, Bapak Paidi (54) tahun, bertempat di Desa Pamalongan Rt. 06 Rw. 003 Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut Jum’at (25/9/2020).

” Dandim menyampaikan pada saat peninjauan kebun kopi yang berbuah lebat merupakan varietas Liberica kepada bapak Paidi, bahwa di tengah pandemi covid 19, petani harus bisa berinisiatif untuk menambah penghasilan keluarga, kopi Liberica adalah salah satu varietas kopi unggulan selain varietas arabica dan robusta, apalagi Kopi Pemalongan pernah memperoleh penghargaan di tingkat nasional, hal ini adalah sebuah modal awal yang baik untuk mengenalkan kopi lokal Bumi Tuntung Pandang ke masyarakat luas baik nasional maupun internasional.

Pemerintah Kab. Tanah Laut lewat Distanhorbun juga terlihat sangat serius mengembangkan usaha kecil ini dengan memberikan fasilitas bangunan dan mesin pengupas kopi serta roaster agar dapat meningkatkan kuantitas dan mutu kopi yang dihasilkan petani.

Sambil berbincang hangat ditemani secangkir kopi yang baru digiling Dandim menyampaikan akan berupaya membantu menginformasikan keberadaan kopi pemalongan ke komunitas kopi di kota-kota besar lainnya agar popularitas Kopi Pemalongan dapat dikenal luas oleh masyarakat dan dapat menjadi salah satu obyek wisata pertanian di Kecamatan Bajuin, serta tidak menutup kemungkinan adanya bantuan pelatihan bagi Petani Kopi Pemalongan dari pecinta kopi lokal dan roaster di Indonesia di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *