KODIM 1009/PLH GALAKKAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN ANTISEPTIC

Dandim 1009/Plh Letkol Inf Adi Yoga Susetyo SH, MA. Menekankan agar seluruh jajarannya hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci tangan dengan sabun setiap saat, terutama sebelum makan atau setelah beraktivitas kerja.

Salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 adalah dengan rajin mencuci tangan secara detail dan menyeluruh minimal 20 detik baik jari2, pergelangan dan kuku jari.

Hal ini karena virus corona dapat menular lewat droplet atau cairan tubuh yang keluar saat batuk atau bersin, maupun tempat yang sering disentuh banyak orang seperti handle pintu, pegangan tangga, karet eskalator, maupun tombol lift dimana virus dapat bertahan beberapa saat setelah orang yang terinfeksi menyentuh/memegang dalam kondisi yang tidak steril.

Selain tertular karena media tersebut diatas, berjabat tangan dengan orang yg terinfeksi, memperbesar kemungkinan anda terpapar virus corona atau virus lainnya dikarenakan yang bersangkutan tidak dalam kondisi bersih (saat batuk dan bersin menutup hanya dengan tangan terbuka tanpa menggunakan masker/saputangan)

Mencuci tangan dengan sabun juga sangat disarankan karena lebih efektif dibandingkan menggunakan hand sanitizer dikarenakan beberapa hal antara lain :

Menggunakan Hand Sanitizer :

1. Setelah digunakan 5 kali berturut-turut, tangan harus dicuci menggunakan air mengalir utk mencegah resistensi antiseptik.

2. Residu kuman yang sudah mati masih menempel di tangan.

3. Pada beberapa orang dapat mengiritasi kulit.

4. Sifat alkohol yang mudah menguap, jika ditempatkan di luar ruangan/tempat suhu tinggi dapat mengubah konsentrasi alkohol 70% (kosentrasi dapat bertambah atau berkurang).

5. Hanya efektif membersihkan tangan yang tidak tampak kotor.

Menggunkan Sabun dan Air :

1. Dapat digunakan berulang-ulang.

2. Residu kuman yang sudah mati ikut terbawa Air mengalir.

3. Ramah digunakan untuk semua orang.

4. Kandungan antiseptik sabun tidak berubah di segala kondisi.

5. Efektif membersihkan tangan yg tidak tampak kotor maupun kotor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *