KODIM 1009/PLH DAN POLRES TANAH LAUT BERSINERGI DALAM SATGAS KARHUTLA KALIMANTAN SELATAN

Dalam Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan dalam rangka mengantisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2020 yang dilaksanakan di Lapangan KM 21 Banjarbaru, Kodim 1009/Plh, Polres Tanah Laut, BPBD, Manggala Agni dan Damkar Ka. Tanah Laut  ikut mengerahkan personel dan  perlengkapannya sebagai bagian dari Satuan Tugas Gabungan Karhutla Kalimantan Selatan 2020.

Gelar pasukan dan perlengkapan yang dipimpin  langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, didampingi Kapolda dan Danrem 101/Antasari serta Kepala BPBD Kalsel  ini adalah sebagai langkah awal dalam kesiapan operasi, antisipasi terjadinya Karhutla di wilayah Kalimantan Selatan, dimana pada bulan Juli, Agustus dan September tahun 2020 diperkirakan sudah memasuki musim kemarau.

Ada hal yang berbeda dalam apel kesiapan pasukan dan perlengkapan kali ini, karena selain tantangan kebakaran hutan dan lahan yang akan menghadang, seluruh petugas yang tergabung dalam satgas baik BPBD, TNI, Polri, Pemadam Kebakaran, Manggala Agni dan unsur lainnya juga masih dihadapkan dengan penanggulangan bencana non alam yaitu Pandemi Covid 19 yg belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Hal tersebut merupakan tantangan yang tidak mudah, namun semangat pantang menyerah untuk berbakti bagi masyarakat dan negara akan terus berkobar di dada setiap petugas yang bekerja di lapangan, dan akan semakin dipermudah apabila seluruh masyarakat Kalimantan Selatan semakin sadar dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Inshaa Allah wabah ini akan segera berakhir dari Bumi Banua.

Disiplin dan kesadaran pribadi setiap warga adalah kunci melawan Covid 19, hal itu juga berlaku dalam mencegah terjadinya Karhutla.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *