INSPIRATIF ANGGOTA POS RAMIL 1009-01/BATU AMPAR MENEMUKAN PAKAN IKAN DAN TERNAK DARI TUMBUHAN ALAM SEKITAR

Batu Ampar – Personel Pos Ramil 1009-01/Batu Ampar menemukan alternatif pakan Ikan dan Ternak dari tumbuh-tumbuhan alam yang selama ini banyak terdapat di sekitar Rumah, bertempat di Desa Durian Bungkuk Dusun Sumber Arum Rt 02 Kec. Batu Ampar Kab. Tanah Laut Sabtu (01/08/2020).

Pos Ramil 1009-01/Batu Ampar di Pimpin Oleh Pelda Agus Cahyo, ide cemerlang ini di pelopori oleh Babinsa Serda Masrohim bekerja sama dengan masyarakat binaannya atas nama Bapak Tri, yang merupakan Pok tani Sedyo Mulyo.

Proses pengolahan bahan-bahan alami dari tumbuhan rumput dan daun dari Alam sekitar, berulang kali di uji coba namun selalu gagal, pertengahan bulan Maret 2020 barulah keberhasilan di capai oleh Bapak Tri.

Pengolahan ini adalah merupakan keterampilan yang telah lama melalui proses penjang, dengan mempelajari dasar alami dari ikan yang hidup di air tawar dan hewan ternak yang dipelihara oleh Bapak Tri.

Warga Masyarakat Batu Ampar ini menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19 masyarkat serba sulit apalagi untuk mendapat pakan tenak dan ikan yang semakim melonjak harganya, saya di bantu oleh Babinsa bereksperimen membuat pakan ternak dari tumbuhan-tumbuhan dan limbah pasar yang tidak di pergunakan lagi, saya merasa bersyukur karena telah menemukan cara alami terbaik dalam pengolahan bahan makanan ikan dan hewan ternak, proses penggiling dengan alat sederhana dan bahan rumput dedaunan, batang pisang, di tambahkan dedak di campur air secukupnya yang pasti tanpa bahan kimia, setelah hancur kemudian di disimpan di tempat khusus untuk proses fermentasi selama 2 hari, sebelum di berikan kepada hewan ternak dan ikan.

Pakan buatan tersebut bernilai sangat ekonomis dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, namun sangat bermanfaat besar bagi peternak, semoga penemuan ini dapat di ikuti oleh kelempok tani yang berada di Kab. Tanah Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *