Dandim 1009/Plh Masuk Kampus Politehnik Negeri Kabupaten Tanah Laut, Menyampaikan Pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Radikalisme

Pada hari Selasa tanggal 12 November 2019 pukul 08 30 Wita, dilaksanakan Ceramah Pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Radikalisme dalam rangka Binter Terpadu Kodim 1009/Pelaihari TA. 2019 dengan tema “Memberdayakan wilayah pertahanan melalui kegiatan Binter terpadu guna memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh”,   yang di sampaikan oleh Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, SH, MA, Dandim 1009/Plh, yang bertempat di kampus Politeknik Negeri Tanah Laut, Jln. A. Yani, desa Ambungan, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut – Kalsel.

Hadir dalam acara :

1. Hj.Mufrida Zein, S.Ag, M.Pd, Direktur Poltek Negeri Tala

2. Sukma Firdaus, S.ST, MT, Wakil Direktur 1

3. Tekad, MPd, Wakil Direktur 2

4. Anton Kuswoyo, S.ST, MT, Wakil Direktur 3

5. Para Dosen Poltek Negeri Tala

6. Seluruh Mahasiswa dan Mahasiswi  Poltek Negeri Tala sekitar 500 orang

Acara diawali dengan kata Sambutan oleh Wakil Direktur 3 :

         a. Dalam kegiatan ini akan mendapatkan pembekalan wasbang dan menangkal radikalisme yang akan di sampaikan oleh komandan Kodim 1009/Plh.

         b. Dibandingkan dengan negara maju lain Indonesia memang ketinggalan dalam hal teknologi dan alutsista akan tetapi Indonesia memiliki generasi produktif yang luar biasa yang di proyeksikan di tahun 2045 indonesia akan menjadi bangsa yang memiliki Bonus demografi besar dan akan menjadi bangsa yang besar.

         c. Agar para mahasiswa memanfaatkan sebaik mungkin waktu yang ada dalam pembekalan ini guna mendapatkan pengetahuan maupun wawasan guna menyongsong masa depan sebagai generasi pemimpin akan datang.

Kemudian dilanjutkan penyampaian Pembekalan Wasbang dan Radikalisme oleh Dandim 1009/Plh yang seperti dapat di kutib diantaranya :

         a. Memberikan motivasi kepada para mahasiswa sebagai generasi emas masa depan untuk mengejar impian dan cita-cita karena tanpa disadari manusia memiliki potensi dan kemampuan yang di luar dugaan diri sendiri.

         b. Di proyeksikan di tahun 2050 an indonesia akan benar-benar memiliki bonus demografi yang diperkirakan memiliki jumlah penduduk 350an juta jiwa dan di dominasi generasi muda produktif yang di hadapkan dengan persaingan global dan perebutan potensi suber daya alam baik mineral, air dan pangan. Sedangkan indonesia memiliki potensi tersebut.

         c.  Kondisi bangsa saat ini :

– Masih ada yang meragukan pancasila sebagai ideologi bangsa.

– Masih adanya kelompok yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

– Masih adanya fanatis yang berlebihan, fanatis suku, agama dan kedaerahan yang sempit.

         d. Wawasan kebangsaan bertujuan untuk membentengi generasi bangsa  dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan terhindar dari pengaruh buruk yang berdampak pada lemahnya generasi bangsa.

         e. Dalam perjalanan sejarah bangsa indonesia pernah mengalami masa-masa perjuangan baik berhadapan dengan penjajah maupun pemberontakan. Pemberontakan yang bersejarah dan berdarah, salah satunya yang dilakukan oleh PKI.

         f. Radikalisme menjadi ancaman terhadap keamanan dan kesatuan bangsa, yaitu radikal kanan maupun radikal kiri.

         g. Ancaman dan pengaruh buruk lain yang saat ini mengincar generasi bangsa antara lain narkoba, akibat pergaulan bebas HIV/AIDS, pengaruh buruk Gadget/sosial media.

Usai penyampaian pembekalan acara dilanjutkan Pemberian Sertifikat dan plakat kenang-kenangan dari Politeknik Negeri Tala kepada Komandan Kodim 1009/Plh oleh Rektor Kampus

Acara usai pada Pukul 11 05 Wita, dalam keadaan tertib dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *