DANDIM 1009/PELAIHARI BERIKAN ARAHAN PENEGAKAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN DALAM SOSIALISASI KAMPUNG TANGGUH BANUA

Dalam menghadapi pandemi Covid 19, tidak hanya pemerintah pusat dan daerah yang harus gencar melawannya, namun pemberdayaan masyarakat sampai dengan tingkat kampung harus dapat berperan serta dalam mencegah penyebaran Covid 19 walaupun dalam dalam skala kecil, salah satunya yaitu dengan program kampung tangguh. Di Provinsi Kalimantan Selatan Program Kampung Tangguh Banua adalah  bagian dari Program Kampung Tangguh Nusantara, yg rencananya akan diresmikan secara nasional pada tanggal 1 Juli 2020 bertepatan dengan Hari Bayangkara ke 74.

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Kampung Tangguh Banua tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta yang juga di hadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Tala H. Dahnial Kifli, Dandim 1009/Plh Letkol Inf Adi Yoga Susetyo SH., MA., Kapolres Tanah Laut AKBP Cucun Kurniadi S.I.K M.H, SKPD Kab. Tanah Laut dan Camat, Kepala Desa, Babinsa serta Babinkamtibmas.

Dalam paparan Sosialisasi Kampung Tangguh Banua oleh Polres Tanah Laut disampaikan bahwa satu kampung tangguh disiapkan di setiap kecamatan yg akan menjadi pilot project, dan diharapkan akan meluas ke kampung lainnya. Kampung Tangguh adalah model pemberdayaan masyarakat secara mandiri dalam menghadapi berbagai masalah yg dihadapi baik keamanan, kesehatan, ketahanan pangan serta  pendidikan khususnya ditengah Pandemi Covid 19.

Dandim 1009/Plh Letkol Inf Adi Yoga Susetyo SH., MA., menambahkan bahwa dalam mendukung terciptanya kampung tangguh covid 19 diperlukan kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi dari setiap warga untuk melaksanakan protokol kesehatan, baik didalam rumah, diluar rumah, ditempat kerja dan di tempat keramaian, hal ini rangka kesiapan menghadapi segala bentuk kebencanaan terutama bencana non alam seperti wabah Covid-19., karena disiplin itu dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita.

Pemerintah Kabupaten dengan disupport jajaran Polres Tanah Laut dan Kodim 1009/Plh, sangat mengapresiasi dan mendukung terbentuknya Kampung Tangguh Banua, dan berharap dengan program ini, pandemi Covid 19 di Kabupaten Tanah Laut dapat usai dengan lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *