BNPB PUSAT LAKUKAN MONITORING COVID-19 DI WILAYAH KODIM 1009/PLH

3 Liaison Officer (LO) GTPP Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat utk prov Kalimantan Selatan yg dipimpin oleh Marsda (Purn) TNI Dwi Fajariyanto, secara khusus meninjau kondisi penanganan Covid-19 di Wilayah Kab. Tanah Laut, Tim di sambut Bupati Tanah Laut Drs. H Sukamta di Kantor Bupati dan jajaran Gugus Tugas PP Covid-19 Kab. Tanah Laut.

Sebelumnya Brigjen TNI (purn) Syahyudi sebagai anggota LO GTPPC-19 diterima oleh Dandim 1009/Plh Letkol Inf Adi Yoga Susetyo SH., MA. di Posko Covid 19 Makodim 1009/Plh utk menerima penjelasan peran Kodim 1009/Plh dalam GTPPC-19 Kab. Tanah Laut.

Kunjungan Tim tersebut untuk mengetahui perkembangan situasi Covid 19 di Wilayah Tanah Laut serta monitoring upaya dan langkah langkah yang telah diambil oleh GTPPC-19 Tala dalam upaya pencegahan dan penanganan Pandemi Covid-19 di Kab. Tanah Laut

dimana sampai dengan saat ini Tanah Laut termasuk Zona merah penyebaran Pandemi Covid-19 dengan angka yg cukup tinggi.

Dalam audiensi dan diskusi di Kantor Bupati, Tim Pusat mengapresiasi upaya yang dilakukan GTPPC-19 Tala untuk melakukan Tracking dan Tracing serta Rapid Test secara masif terhadap warga masyarakat yang memiliki kerawanan terpapar Covid 19.

Dari data media centre yang terakhir dilaporkan dapat disimpulkan bahwa GTPPC-19 Tala sudah bekerja keras, termasuk penyiapan Fasilitas Pelayanan Karantina Khusus di Eks RS. Boejasin yang mampu menampung 200 orang baik berstatus Positif Covid 19 maupun Rapid Test Reaktif yang menunggu pemeriksaan Swab.

Bupati sebagai Ketua GTPPC-19 Tala menyampaikan kepada Tim,  kendala yang dihadapi berupa terbatasnya kemampuan pemeriksaan sample Swab yang terpusat di Banjarbaru, sehingga mohon dapatnya mendapat dukungan mesin PCR yang dapat membantu percepatan pemeriksaan sample Swab agar hasilnya dapat disampaikan kepada warga yang reaktif rapid test lebih cepat dari 10-14 hari, apalagi dengan ditunjuknya RSH Boejasin sebagai Rumah Sakit Rujukan Covid 19 untuk wilayah Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kota Baru.

Laporan tersebut langsung mendapat atensi Tim Pusat dan akan direkomendasikan kepada pimpinan GTPPC-19 Nasional untuk mendapatkan prioritas dukungan PCR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *